Sunday, March 3, 2019

SOAL SENI TEATER


SOAL SENI TEATER

1.         Pengertian teater dalam arti yang luas adalah......
A.    segala pertunjukan yang dipentaskan didepan orang banyak
B.   cerita tentang hidup dan kehidupan manusia yang dipentaskan didepan orang banyak dengan menggunakan naskah
C.     semua gedung yang dibuat untuk mementaskan pertunjukkan teater
D.    teater yang ditonton oleh orang banyak
E.     teater yang jumlah pemainnya lebih dari satu orang
2.      Urutan kejadian dalam suatu drama disebut dengan......
A.    Naskah                                                                      D. Perwatakan
B.     Alur                                                                           E. Tema
C.     Penokohan                                           
3.      Pemilihan seorang pemain berdasarkan ciri fisik pemain disebut......
A.    Perwatakan                                                                D. Mimik
B.     Alur                                                                           E. Karakter
C.     Penokohan
4.      Pokok cerita dari suatu drama disebut......
A.    Amanat                                                                      D. Tema
B.     Naskah                                                                      E. Karakter
C.     Mimik
5.    Naskah dalam pertunjukkan teater adalah......
A.   Buku aturan untuk para pemain teater
B.   Buku cerita asli yang dikarang oleh penulis
C. Karangan cerita drama yang berisi ucapan, keadaan mimik tokoh, setting, serta penjelasan-penjelasan lain dalam pementasan
D.   Lembaran-lembaran yang berisi catatan-catatan selama pertunjukkan teater
E.   Buku petunjuk untuk menjalankan suatu cerita
6.  Suatu pesan yang ingin disampaikan sebuah pertunjukkan drama kepada penontonnya disebut dengan......
A.    Karakter                                                                    D. Naskah
B.     Mimik                                                                        E. Tema
C.     Amanat               
7.      Dalam lakon drama “ Malin Kundang” pesan yang ingin disampaikan adalah......
A.    Anak tidak boleh durhaka kepada orang tua terutama ibu
B.     Kita tidak boleh melihat seseorang dari luarnya saja
C.     Sesama manusia harus saling tolong-menolong
D.    Berbohong akan menimbulkan kecelakaan pada diri sendiri
E.   Kaum muda harus menjauhi narkoba
8.      Dalam lakon drama “ Jaka Tarub” pesan yang ingin disampaikan adalah......
A.    Anak tidak boleh durhaka kepada orang tua terutama ibu
B.     Kita tidak boleh melihat seseorang dari luarnya saja
C.     Sesama manusia harus saling tolong-menolong
D.    Berbohong akan menimbulkan kecelakaan pada diri sendiri
E.   Kaum muda harus menjauhi narkoba
9.      Dalam lakon drama “ Ande-Ande Lumut” pesan yang ingin disampaikan adalah......
A.    Hemat merupakan sifat yang harus dikembangkan
B.     Orang yang bijak adalah orang yang mau mendengar orang lain
C.     Kita tidak boleh melihat seseorang dari luarnya saja
D.    Sesama manusia harus saling tolong-menolong
E.     Perbuatan yang tidak baik suatu saat akan diketahui juga
10.  Karakter pemain yang selalu memiliki sifat cemburu, marah, benci, jahat disebut dengan karakter......
A.    Antagonis                                                                  D. Deutragonis
B.     Tritagonis                                                                  E. Foil
C.     Protagonis
11. Karakter pemain yang selalu memiliki sifat baik, lembut, penyayang,suka menolong disebut dengan karakter......
A.    Antagonis                                                                  D. Deutragonis
B.     Tritagonis                                                                  E. Foil
C.     Protagonis
12.  Percakapan yang dilakukan oleh satu pemain disebut dengan......
A.    Prolog                                                                        D. Mimik
B.     Epilog                                                                        E. Monolog
C.     Dialog 
13.  Bagian dari babak yang menceritakan satu peristiwa tertentu disebut......
A.    Blocking                                                                      D. Adegan
B.     Gait                                                                             E. Plot
C.     Gestur                                                                        
14.  Tugas utama sutradara adalah......
A.    Mengatur letak lampu agar lebih fokus ke pemain
B. Orang yang bertanggung jawab terhadap pemilihan naskah, menentukan pemain, melatih dan mengkoordinasikan pemain
C.     Mempersiapkan kostum para pemain sesuai dengan peran dan karakternya
D.    Merias pemain agar tampak lebih hidup perannya
E.     Mengatur tata suara sehingga efek bunyi bisa maksimal
15.  Berikut adalah unsur-unsur yang mendukung pementasan teater, kecuali......
A.    Tata Lampu                                                                 D. Sutradara
B.     Tata Busana                                                                E. Kondisi Cuaca
C.     Penonton
16.  Hal terpenting untuk mengatasi kemungkinan terjadinya demam panggung adalah……
            A.    Menarik nafas tiga kali                                                D. Meminta komentar koreografer
            B.     Percaya diri                                                                 E. Berbicara dengan sutradara
            C.     Melatih terus menerus
17.  Yang termasuk staf artistik dalam pementasan teater adalah sebagai berikut, kecuali…..
            A.    Asisten Sutradara                                                        D. Properti 
            B.     Penata Cahaya                                                            E. Penata Rias
            C.     Penata Dekorasi
18.  Kegunaan tata lampu dan cahaya selain menerangi dan menyinari adalah membantu……
            A.    Permainan lakon dalam melambangkan maksudnya dan memperkuat kejiwaan
            B.     Makna permainan dan kejelasan permainan bagi penonton
            C.     Kemudahan para pemain berperan
            D.    Sutradara untuk mengamati pementasan
            E.     Kejelasan lakon bagi penonton
19.  Pengaturan posisi pemeran diatas panggung sehingga akting bisa dinikmati oleh penonton dengan baik disebut……
             A.    Blocking                                                                      D. Gesture
             B.     Mimik                                                                          E. Vokal
             C.     Akting
20.  Latihan keseluruhan yang dilakukan secara lengkap, rinci, dan urut sebelum pementasan disebut dengan……
           A.    Gladi kotor                                                                  D. Bagian per bagian
           B.     Gladi bersih                                                                 E. Latihan dialog
           C.     Pementasan
21.     Teater sebagai kegiatan berkesenian yang mengacu kepada kegiatan dan pertunjukkan mengandung unsur-unsur sebagai berikut, kecuali ….
         a.   lakon               b. pemeran                 c. sutradara               d. Pentas             e. sponsor
22.        Unsur pertama yang terdapat dalam kegiatan teater  adalah ….
a.      naskah                       b. penonton                 c. publik          d. promotor        e. produser
23.        Bagian pembuka dalam sebuah drama yang maksudnya untuk memberikan pengarahan kepada pembaca  atau penonton disebut ….
a.      dialog                         b.prolog                     c. epilog         d. solilokui         e. monolog
24.        Orang yang bertugas mewujudkan gagasan penulis drama di atas pentas secara utuh dan benar adalah ….
a.      produser                     b. dramawan               c. sastrawan    d. pemeran      e. promotor
25.        Bentuk teater  yang secara tegas memisahkan tempat antara pentas dan tempat penonton disebut ….
a.      nonprosenium            b. apron           c. prosenium      d.interior       d.pentas portabel    
26.        Kehadiran seorang penonton sama pentingnya dengan permainan terbaik dari seorang aktor jika hal itu dilihat dari segi keberhasilan sebuah pementasan.
Pernyataan tersebut dinyatakan oleh….
a.      Richard Bouleslavsky                       c. Umar Khayam                     e. Aris Toteles
b.      Arifin C. Noor                         d. Samuel Becket
27.        Faktor-faktor yang mempengaruhi kehadiran jumlah penonton pada saat pagelaran berlangsung, kecuali ….
a.      Publikasi yang gencar                        c. kualitas pemain baik           e.  kostum mewah
b.      Popularitas kelompok            d. kerja sama yang baikdengan berbagai pihak
28.        Bentuk setting yang sama sekali tidak menggunakan alat-alat tertentu selain tempat di mana lakon dimainkan,termasukjenis setting….
a.      konvensional  set                   c. natural set                           e. modern set
b.      interior set                             d. tradisional set
29.    Dalam merias seorang pemain, penata rias harus mempertimbangkanaspek-aspek berikut ini, kecuali….
a.      gambaran fisik pelaku           c. warna kebangsaan              e. pemilihan bahan rias
b.      harga bahan rias murah      d. efek sinar lampu pentas yang mungkin dihasilkan                       
30.    Berikut ini yang tidak termasuk fungsi dari teater rakyat adalah ….
a.      Sebagai alat pendidikan masyarakat
b.      Sebagai alat penebal perasaan solidaritaskolektif
c.       Sebagai alat mempertahankan suatu budaya bangsa
d.      Sebagai alat yang memungkinkan seseorang biasa bertindak dengan penuh kekuasaan terhadap orang yang menyeleweng
e.      Sebagai alat untuk mengeluarkan protes terhadap ketidakadilan yang terjadi di masyarakat
31.    Secara umum, teater tradisional rakyat memiliki ciri-ciri sebagai berikut, kecuali….
a.      Cerita digarap berdasarkan fenomena terbaru.              
b.      Unsur lawakan selalu muncul.
c.       Nilai dan laku dramatik dilakukan secara spontan.
d.      Penonton mengikuti pertunjukkan secara santai.
e.      Tempat pertunjukkan teruka dalam bentuk arena.
32.    Menurut Dr. A.H. Nasution, suatu hasil karya seni dituntun untuk memiliki kriteria-kriteria berikut ini,kecuali….
a.      Etika               b. estetika                 c.  konsultatif              d.Efektif            e. edukatif 
33.    Perkembangan tater Barat di Indonesia sudah mulai tumbuh dan berkembang pada masa pemerintahan….
a.      Jepang                                    c. Hindia Belanda                   e. Yunani Kuno
b.      Indo-Eropa                             d. Portugis
34.    Teater Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia mulai tumbuh dan berkembang secara baik pada masa pendudukan ….
a.      Jepang                                   c. Indo-Belanda                       e. Indo-Eropa
b.       Portugis                                 d. spanyol
35.    Teater klasik barat bersumber dari teater  …..
a.      Amereka Serikat                    c. Portugis                               e. Yunani Kuno
b.      Roma                                      d. Belanda      
36.    Era kebangkitan teater modern Indonesia ditandai oleh kelompok teater bernama ….
a.      teater dardanella                 c. teater  Orion                       e. teater Tjahaya Timoer
b.      teater klasik                           d. teater beling
37.    Terlahirnya seniman-seniman teater dan film Indonesia yang berkualitas dan mengabdikan diri sepenuhnya bag perkembangan teater ditandai dengan munculnya ….
a.      CHAOS                                    c. ASDRAFI                              e. HSBI
b.      LEKRA                                     d. AMI
38.    Pada akhir abad XX , berkembang pula gaya absurdisme dalam teater Indonesia. Absurdisme  artinya ….
a.      rasional                                  c. normal                                 e. ekpresionis
b.      tak masuk akal                      d. tabu  
39.    Tokoh-tokoh teater absurd adalah sebagai berikut, kecuali….
a.      Jean Paul Sartre                     c. Albert Camus                      e. Samuel Becket
b.       Eugene Lonesco                    d. Ares Toteles
40.         Dalam pementasan drama, plot dan karakter diwujudkan melalui ….
a.      kostum                                 c. properti                               e. laku (action)
b.      panggung                             d. amanat
41.    Pelaku yang menyebabkan timbulnya konflik dalam cerita adalah ….
a.      tritagonis                                c. figuran                                 e. antagonis
b.       sampingan                            d. sentral
42.    Garis laku menurut Aris Toteles adalah sebagai berikut, kecuali ….
a.      exposition                             c. protasis                                e. catastrophe
b.      epitasio                                  d. catastasis
43.    Permasalahan yang paling dominan menjiwai suatu naskah drama dari awal sampai akhir cerita disebut ….
a.      tema minor                            c. subtema                              e. tema sampingan
b.      tema mayor                          d. tema  cabang
44.    Dilihat dari cara menyusun bagian-bagiannya, alur  atau plot cerita dapat dibedakan menjadi beberapa macam, kecuali ….
a.      progresif                                c. alur sorot balik                    e. flashback
b.       alur cabang                          d. alur campuran
45.     Gambaran umum bagian alur yang menggambarkan kehadiran beberapa tokoh yang belum mempunyai masalah atau menggambarkan suasana yaitu bagian ….
a.      resolusi                                   c.paparan (eksposisi)                       e. penggawatan (komplikasi)
b.       klimaks                                  d. peleraian
46.    Ada tiga unsur utama dalam proses pengakuan sebuah benda untuk dapat disebut karya seni, yaitu….
a.      peragaan, properti, seniman             d. benda seni, panggung, lighting
b.      publik seni, benda seni, penonton     e. seniman, benda seni,publik seni
c.       struktur batin, pesan, seniman
47.    Dalam pemindahan atau penyaduran karya drama dituntun persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi, kecuali….
a.      Plot cerita tidak boleh berubah           
b.      Karakterisasi hanya sebagian yang boleh diubah
c.       Latar budaya harus utuh       
d.      Karakterisasi dalam keseluruhan teks tidak boleh berubah 
e.      Persoalan-persoalan yang terdapat dalam teks asli kemungkinan terjadi pula di dalam konteks budaya yang diadaptasi
48.    Secara garis besar, latar dalam drama dapat dikelompokkkan menjadi tiga bagian pokok, yaitu ….
a.      latar waktu, latar tempat, latar sosial        d.  latar waktu, latar tempat, latar ekonomi
b.      latar politik, latar geografis, latar sosial       e. latar intern, latar tempat, latar strata
c.       latar waktu, latar zaman, latar sosial
49.    Konflik-konflik yang muncul dalam cerita drama saling berkaitan satu dengan lainnya, kecuali ….
a.       Adanya hukum kausalitas(sebab-akibat)      d. Aspek kemasukakalan (plausibiliti)
b.      Kesatuan rangkaian peristiwa(unity)            e.  Masalah kejiwaan
c.       Terjadinya kejutan (suspensi)
50.    Dalam menciptakan nama penokohan drama cerita drama, dapat mengacu hal-halberikut ini,kecuali ….
a.      berdasarkan asal-usul daerah                       d. berdasarkan status sosial
b.      berdasarkan profesinya                                 e. berdasarkan kondisi fisik
c.       berdasarkan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan tokoh.

I.          Jawablah pertanyaan di bawah inidengan tepat dan jelas!
1.      Sebutkan 2 (dua) permasalahan kehidupan yang dapat diangkat ke dalam drama!
2.      Jelaskan 4 (empat) faktor yang mempengaruhi pengungkapan sebuah tema!
3.      Dalam menciptakan latar atau setting dalam drama mengacu beberapa aspek. Sebutkan dua aspek!
4.      Apa saja yang harus dipersiapkan untuk melakukan pementasan drama!Jelaskan!

No comments: