#Transmisi Manual adalah salah satu komponen penggerak kendaraan yang berfungsi sebagai pengubah moment atau kecepatan sesuai dengan kebutuhan kendaraan dan memungkinkan kendaraan untuk berjalan mundur.
Fungsi transmisi manual:
- Memungkinkan kendaraan untuk berjalan mundur.
- Mengubah putaran/tenaga mesin menjadi kecepatan atau moment sesuai dengan kebutuhan kendaraan.
- Sebagai penyalur putaran mesin ke roda.
- Memungkinkan kendaraan pada posisi netral tanpa mesin mati.
#Komponen transmisi manual :
1.Input shaft
Berfungsi sebagai penerima putaran atau tenaga dari mesin melalui kopling ke transmisi.
2.Counter gear shaft/Roda gigi tetap
Berfungsi sebagai penerus putaran dari input shaft ke gigi-gigi percepatan.
3.Gigi percepatan
Gigi yang berfungsi sebagai penambah moment atau Kecepatan .
8.Output shaft
Berfungsi meneruskan putaran dari transmisi ke propeller shaft sampai ke roda.
15.clutch housing / Rumah kopling
Sebagai rumah kopling dan input shaft
16.Transmision case / Rumah transmisi
Sebagi tempat/rumah transmisi
17.Extension housing
Berfungsi sebagai dudukan gear shift mechanism dan output shaft
18.Gear shift mechanism
Sebagai sistem pemindah gigi.
Berfungsi untuk menyamakan kecepatan pada gigi percepatan dan hub sleeve.
5.Clucth hub / Kopling geser
Berfungsi sebagai pemindah putaran / tenaga dari gigi percepatan ke hub sleeve.
6.Hub sleeve
Berfungsi meneruskan putaran dari clucth hub ke output shaft.
9.Reverse gear
Berfungsi untuk membalikan arah putaran mesin untuk memungkinkan kendaraan berjalan mundur.
10.Shift fox
Berfungsi untuk memindahkan clutch hub untuk perpindahan gigi.
11.Batang Shift fox
Berfungsi sebagai pendorong/memundurkan shift fox untuk melalukan pemindahan gigi.
12.Lengan Pemindah
Berfungsi sebagai lengan yang menggerakan batang shift fox
13.Tuas pemindah
Bersungsi sebagai tuas pemindah gigi "1,2,3,4,5,dan R"
14.Inter Lock
Berfungsi untuk tidak memungkin kan terjadi 2 clutch hub terhubung secara besamaan
No comments:
Post a Comment